Membuat Perangkat Lunak Microsoft Word
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Membuat Perangkat Lunak Microsoft Word
A. Membuat Dokumen Baru
1. Membuka Dokumen Baru
Membuat dokumen kosong baru:
1.) Klik tab File untuk mengakses
tampilan Backstage.
2.) Pilih New, lalu klik dokumen Blank.
3.) Sebuah dokumen kosong baru akan muncul.
2. Membuka Dokumen Yang Telah Ada
Membuka dokumen yang sudah ada:
1.) Buka tampilan Backstage, kemudian klik Open.
2.) Pilih This PC, kemudian klik Browse. Anda juga dapat memilih OneDrive untuk membuka file yang tersimpan pada OneDrive Anda.
3.) Kotak dialog Open akan muncul. Cari dan pilih dokumen Anda, kemudian klik Open.
4.) Dokumen yang dipilih akan muncul.
3. Bekerja Menggunakan Dokumen
Mulai bekerja di Word dengan instruksi cepat berikut cara membuat, berbagi, dan mengedit dokumen pada Anda sendiri atau dengan tim Anda.
Untuk mengonversi dokumen Google Anda ke dokumen Word, masuk ke File > Unduh > Microsoft Word (. docx). Lalu, buka file di Word. Lihat Selengkapnya di mulai menggunakan dokumen.
B. Menyimpan Dokumen
1.) Klik tab File.
2.) Klik Simpan Sebagai.
3.) Pilih lokasi file, seperti OneDrive
atau PC Ini untuk menyimpan file Anda.
4.) Dalam kotak Nama file, masukkan nama baru untuk file tersebut.
5.) Di dalam daftar Simpan sebagai
tipe, klik format file yang Anda
inginkan untuk menyimpan file itu.
6.) Klik Simpan.
C. Mengatur Format Huruf Teks Dan spasi
1. Membuat Jenis Huruf Dari Menu
Format
Menu Format berfungsi untuk menentukan jenis huruf, paragraf, memberikan penomoran, membuat jenis kolom dalam teks, memberi bingkai dan arsiran, mengatur huruf besar dan kecil dan berbagai hal yang berkaitan dengan format dokumen. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi menu format, berikut berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu format.
Font : untuk menentukan jenis huruf dan atributnya.
Paragraph : untuk menentukan jenis paragraf.
Bullet and Numbering : untuk memberikan bullet dan penomoran.
Border and Shading : untuk memberikan bingkai dan arsiran.
Columns : untuk membuat jenis columns.
Tabs : untuk menentukan batas tabulasi.
Drop Cap : untuk memberikan efek drop cap.
2. Membuat Jenis Huruf Dan Toolbar
3. Mengubah Ukuran Huruf Dan Toolbar
pertama select huruf yang akan diganti, lalu pencet font pada toolbar, lalu pilih ukuran yang diinginkan, jika ingin mengganti model tulisan, pencet model font, jika ingin bold pencet B atau
pencet ctrl+B.
4. Mengatur Tulisan Change Kase
Berikut cara menggunakan tOGGLE cASE di Microsoft Word.
1. Sorot teks yang akan diubah kapitalisasinya berdasarkan tOGGLE cASE.
2. Lakukan salah satu cara berikut. Klik perintah "Change Case (Aa)" pada ribbon "Home" pilih "tOGGLE cASE".
3. Kapitalisasi teks yang disorot diubah ke tOGGLE cASE.
5. Membuat Shrink Font Drop / Gropo
6. Mengatur Posisi Paragraf
Memformat spasi paragraf:
1. Pilih paragraf yang ingin Anda format.
2. Pada tab Home, klik perintah Line and Paragraph Spacing. Klik Add Space Before Paragraph atau Remove Space After Paragraph dari menu drop-down. Dalam contoh kita, kita akan pilih Add Space Before Paragraph.
3. Jarak paragraf akan berubah dalam dokumen.
7. Mengatur Mistar, Ruller
Cara Memunculkan Ruler di Word 2017 dan Lainnya
1. Buka program Microsoft Word.
2. Jika fitur ruler tidak terlihat, pilih tab View yang terletak pada bagian atas layar.
3. Selanjutnya, centang kotak pada bagian ruler untuk mengaktifkan fitur ruler.
4. Jika sudah, penggaris akan muncul di bagian atas dan samping dokumen.
8. Mengatur Spasi
Mengubah spasi antar karakter
1. Pilih teks yang ingin Anda ubah.
2. Pada tab Beranda, klik Peluncur Kotak Dialog Font, lalu klik tab Tingkat Lanjut.
3. Dalam kotak Penspasian, klik Diperluas atau Dirapatkan, lalu tentukan spasi yang diinginkan dalam kotak Dengan.
D. Mengatur Ukuran Kertas Dan Orientasi Cetak.
cara aimyaya | Cara Semua Cara
1. Klik menu ribbon Page Layout,
2. Lalu klik tombol “kecil” untuk memunculkan Dialog Page Setup.
3. Pada Dialog Page Setup yang muncul, pada tab Margins pilih orientasi kertas.
4. Selanjutnya klik tab Paper.
5. Klik Tombol OK untuk menggunakan orientasi dan ukuran yang telah anda isikan.
E. Memberi Dan Menghapus Nomor Halaman.
Berikut ini langkah-langkah menghilangkan nomor halaman di semua halaman :
1. Buka dokumen Anda.
2. Cari tab menu Insert, lalu klik menu tersebut.
3. Pilih Page number.
4. Lalu pilih Remove page numbers.
5. Hasilnya, nomor halaman pada dokumen tersebut akan hilang.
F. Menggunakan Bullet Dan Numbering (Penomoran otomatis)
Untuk menggunakan fitur Bullets and Numbering, cukup blok atau sorot daftar yang telah dibuat dan selanjutnya klik tombol Bullets atau tombol Numbering di kelompok Paragraf dari tab Home di Microsoft Word.