Membuat Perangkat Lunak Microsoft Word

Membuat Perangkat Lunak Microsoft Word


A. Membuat Dokumen Baru

1. Membuka Dokumen Baru
    Membuat dokumen kosong baru:

1.) Klik tab File untuk mengakses 
      tampilan Backstage.

2.) Pilih New, lalu klik dokumen Blank.

3.) Sebuah dokumen kosong baru akan            muncul.

2. Membuka Dokumen Yang Telah Ada
    Membuka dokumen yang sudah ada:

1.) Buka tampilan Backstage, kemudian            klik Open.

2.) Pilih This PC, kemudian klik Browse.            Anda juga dapat memilih OneDrive              untuk membuka file yang tersimpan            pada OneDrive Anda.

3.) Kotak dialog Open akan muncul. Cari         dan pilih dokumen Anda, kemudian             klik Open.

4.) Dokumen yang dipilih akan muncul.

3. Bekerja Menggunakan Dokumen
    
   Mulai bekerja di Word dengan instruksi       cepat berikut cara membuat, berbagi,         dan mengedit dokumen pada Anda             sendiri atau dengan tim Anda.

   Untuk mengonversi dokumen Google           Anda ke dokumen Word, masuk ke File       > Unduh > Microsoft Word (. docx).              Lalu, buka file di Word. Lihat                         Selengkapnya di mulai menggunakan         dokumen.


B. Menyimpan Dokumen 
      
    1.) Klik tab File.

    2.) Klik Simpan Sebagai.

    3.) Pilih lokasi file, seperti OneDrive 
         atau PC Ini untuk menyimpan file                 Anda.

    4.) Dalam kotak Nama file, masukkan               nama baru untuk file tersebut.

    5.) Di dalam daftar Simpan sebagai 
          tipe, klik format file yang Anda 
          inginkan untuk menyimpan file itu. 

    6.) Klik Simpan.

C. Mengatur Format Huruf Teks Dan spasi
     
1. Membuat Jenis Huruf  Dari Menu
    Format

Menu Format berfungsi untuk menentukan jenis huruf, paragraf, memberikan penomoran, membuat jenis kolom dalam teks, memberi bingkai dan arsiran, mengatur huruf besar dan kecil dan berbagai hal yang berkaitan dengan format dokumen. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi menu format, berikut berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu format.
   
 Font : untuk menentukan jenis huruf dan                atributnya.

Paragraph : untuk menentukan jenis                                 paragraf. 

Bullet and Numbering : untuk memberikan                                           bullet dan                                                         penomoran. 

Border and Shading : untuk memberikan                                         bingkai dan arsiran. 

Columns : untuk membuat jenis columns. 

Tabs : untuk menentukan batas tabulasi. 

Drop Cap : untuk memberikan efek drop                         cap. 

2. Membuat Jenis Huruf  Dan Toolbar
 
   







3. Mengubah Ukuran Huruf Dan Toolbar

   pertama select huruf yang akan diganti,     lalu pencet font pada toolbar, lalu pilih         ukuran yang diinginkan, jika ingin                 mengganti model tulisan, pencet model     font, jika ingin bold pencet B atau 
   pencet ctrl+B.


4. Mengatur Tulisan Change Kase
 
Berikut cara menggunakan tOGGLE cASE di Microsoft Word.

1. Sorot teks yang akan diubah                          kapitalisasinya berdasarkan tOGGLE            cASE.

2. Lakukan salah satu cara berikut. Klik          perintah "Change Case (Aa)" pada                ribbon "Home" pilih "tOGGLE cASE".

3. Kapitalisasi teks yang disorot diubah ke       tOGGLE cASE.


5. Membuat Shrink Font Drop / Gropo

    









6. Mengatur Posisi Paragraf

Memformat spasi paragraf:

1. Pilih paragraf yang ingin Anda format.

2. Pada tab Home, klik perintah Line                and Paragraph Spacing. Klik Add Space      Before Paragraph atau Remove Space        After Paragraph dari menu drop-down.        Dalam contoh kita, kita akan pilih Add          Space Before Paragraph.

3. Jarak paragraf akan berubah dalam            dokumen.


7. Mengatur Mistar, Ruller

Cara Memunculkan Ruler di Word 2017 dan Lainnya

1. Buka program Microsoft Word.

2. Jika fitur ruler tidak terlihat, pilih tab            View yang terletak pada bagian atas            layar.

3. Selanjutnya, centang kotak pada                  bagian ruler untuk mengaktifkan fitur          ruler.

4. Jika sudah, penggaris akan muncul di        bagian atas dan samping dokumen.

8. Mengatur Spasi

Mengubah spasi antar karakter

1. Pilih teks yang ingin Anda ubah.

2. Pada tab Beranda, klik Peluncur Kotak        Dialog Font, lalu klik tab Tingkat Lanjut. 

3. Dalam kotak Penspasian, klik Diperluas      atau Dirapatkan, lalu tentukan spasi            yang diinginkan dalam kotak Dengan.


D. Mengatur Ukuran Kertas Dan Orientasi       Cetak.

cara aimyaya | Cara Semua Cara

1. Klik menu ribbon Page Layout,

2. Lalu klik tombol “kecil” untuk                        memunculkan Dialog Page Setup.

3. Pada Dialog Page Setup yang muncul,        pada tab Margins pilih orientasi kertas. 

4. Selanjutnya klik tab Paper. 

5. Klik Tombol OK untuk menggunakan            orientasi dan ukuran yang telah anda          isikan.


E. Memberi Dan Menghapus Nomor                Halaman.


Berikut ini langkah-langkah menghilangkan nomor halaman di semua halaman :

1. Buka dokumen Anda.

2. Cari tab menu Insert, lalu klik menu               tersebut.

3. Pilih Page number.

4. Lalu pilih Remove page numbers.

5. Hasilnya, nomor halaman pada                    dokumen tersebut akan hilang.


F. Menggunakan Bullet Dan Numbering   (Penomoran otomatis)
Untuk menggunakan fitur Bullets and Numbering, cukup blok atau sorot daftar yang telah dibuat dan selanjutnya klik tombol Bullets atau tombol Numbering di kelompok Paragraf dari tab Home di Microsoft Word.